"Tugas Kewirausahaan Minggu Ke-4

Posted on 06.52
BIOGRAFI RAY KROC
Raymond Kroc adalah seorang pengusaha yang membeli McDonald’s Corporation pada tahun 1955, dan menjadikannya sebagai restoran cepat saji terbesar di dunia. Beliau lebih dikenal dengan nama Ray Kroc. Kroc termasuk salah satu dari 100 orang pendiri dan raksasa industri yang paling berpengaruh versi majalah Time. Kroc juga merupakan pemilik tim baseball San Diego Padres yang berdiri sejak 1974. Ray lahir pada 5 Oktober 1902 dan meninggal 14 Januari 1984 pada usia 81 tahun.

Dalam apa yang seharusnya menjadi tahun emasnya, Raymond Kroc, pendiri dan pembangun McDonald’s Corporation, membuktikan dirinya sebagai seorang pelopor industri yang tidak kalah kemampuannya dengan Henry Ford. Dia merevolusikan industri restoran dengan memberlakukan disiplin atas produksi hamburger, kentang goreng, dan susu kocok. Dengan mengembangkan sistem operasi dan antaran yang maju, dia memastikan bahwa kentang goreng yang dibeli oleh pelanggan di Topeka akan sama dengan yang dibeli di New York City. Konsistensi seperti ini menjadikan McDonald’s nama mereka yang mendefinisikan fast food Amerika.


Pada tahun 1960, terdapat lebih dari 200 saluran McDonald’s di seluruh Amerika, perluasan cepat yang dikobarkan oleh biaya franchise yang rendah. Ray Kroc telah menciptakan salah satu merek yang paling kuat sepanjang masa. Tetapi dia nyaris tidak mendapat keuntungan. Akhirnya, dia memutuskan untuk menggunakan real estate sebagai pendukung keuangan yang menyebabkan McDonald’s menjadi operasi yang menguntungkan. Pada tahun 1956, Kroc mendirikan Franchise Realty Corporation, membeli tanah dan bertindak selaku pemilik restoran bagi pembeli franchise yang penuh minat. Dengan langkah ini, McDonald’s mulai memperoleh penghasilan yang sesungguhnya, dan perusahaan pun lepas landas. Kroc kemudian memperkenalkan program periklanan nasional untuk mendukung franchise yang tersebar dengan cepat; dan setelah tampak bahwa pertumbuhan di wilayah asal perusahaan ini melambat pada awal tahun 1970-an, dia memulai dorongan yang penuh semangat dan suksesuntuk membuat kehadiran global bagi McDonald’s.
Sepanjang pertumbuhan perusahaan yang spektakuler, Kroc melakukan akrobat keseimbangan berjalan di atas rentangan tali yang sulit, memberlakukan standar yang keras di seluruh sistem sementara mendorong semangat wirausaha yang menyambut baik gagasan dari semua tingkat. Banyak gagasan ini yang memberikan sumbangan kepada keberhasilan perusahaan yang menakjubkan. Dalam mengumpulkan kekayaan sebesar $500 juta, raja hamburger ini mengubah lansekap budaya bangsa dan menempa sebuah industri yang termasuk di kalangan ekspor Amerika yang terbesar. Keberhasilan McDonald’s yang ditiru secara meluas menawarkan contoh yang baik sekali bagi manajer dan eksekutif zaman sekarang yang berusaha mencari efisiensi produksi yang lebih besar.
Dengan menempatkan hamburger yang bersahaja di atas jalur perakitan, Kroc menunjukkan kepada seluruh dunia bagaimana cara menerapkan pross manajemen yang maju pada usaha yang paling membosankan. Supaya bisa maju dengan cara McDonald’s, perusahaan-perusahaan harus menetapkan prinsip dasar pelayanan yang mereka tawarkan, memecah-mecah pekerjaan menjadi bagian-bagian, dan kemudian terus-menerus merakitnya kembali dan menyempurnakan banyak langkah sampai sistem berjalan tanpa kekangan. Hari ini, perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam antara pizza, pemrosesan klaim asuransi, atau menjual mainan mendapat keuntungan dari jenis sistem yang dipelopori oleh Ray Kroc. Sampai tingkat ketika operasi seperti ini menjaga pengendalian mutu, dan memelihara kepuasan pelanggan, keuntungan akan mengalir.
Sebagai salesman mesin susu kocok, Raymond Kroc secara rutin mengunjungi kliennya. Tetapi ketika salesman berumur lima puluh dua tahun ini pergi dari rumahnya dekat Chicago ke California selatan untuk menemui dua kliennya yang terbesar, hasilnya sama sekali bukan hal rutin. Maurice dan Richard McDonald meninggalkan New Hampshire pada tahun 1930, berusaha mencari peruntungan di Hollywood. Karena tidak bisa mendapatkan hasil besar di Tinseltown, kakak beradik ini akhirnya menjadi pemilik restoran drive-in di San Bernardino, kota kecil berdebu sejauh lima puluh lima mil di sebelah timur Los Angeles. Sementara kebanyakan restoran membeli satu atau dua Prince Castle Multimixer, yang bisa mencampur lima gelas susu kocok sekaligus, McDonald bersaudara membeli delapan buah. Dan Kroc ingin tahu jenis operasi apa yang membutuhkan kemampuan membuat empat puluh gelas susu kocok pada saat saat yang bersamaan.

Maka dia pergi ke San Bernardino, dan apa yang dilihatnya di sana mengubah kehidupannya. Kroc berdiri di keteduhan dua gerbang lengkung keemasan restoran yang gemerlapan, yang menerangi langit di senja kala, dan melihat antrian orang-orang yang berkelok-kelok seperti ular di luar restoran yang berbentuk segi delapan. Melalui dinding bangunan yang selurunya terbuat dari kaca, dia memandangi para karyawan pria, yang memakai topi kertas dan seragam putih, sibuk di restoran yang sangat bersih, menyajikan burger dalam piring, kentang goreng dan susu kocok kepada keluarga-keluarga kelas pekerja yang berdatangan naik mobil. “Sesuatu pasti sedang terjadi di sini, saya mengatakan kepada diri sendiri,” Kroc kemudian menulis dalam otobiografinya, Grinding It Out. “Ini pasti operasi perdagangan paling menakjubkan yang pernah saya lihat.” Tidak seperti begitu banyak operasi pelayanan makanan yang pernah ditemui oleh Krock, tempat ini mendengung seperti mesin yang ditun-up dengan sempurna.
Sebagaimana Forbes menyatakannya, “singkatnya, kakak-beradik ini mendatangkan efisiensi kepada bisnis yang cepat.” Mereka menawarkan menu sembilan jenis makanan – burger, kentang goreng, susu kocok, dan pai – menyingkirkan tempat duduk, serta menggunakan alat makan kertas dan bukannya kaca atau porselen. Mereka juga merancang jalur perakitan kasaran sehingga mereka bisa melayani pesanan dalam waktu kurang dari enam puluh detik. Kroc seketika tahu bahwa dia telah melihat masa depan. “Malam itu dalam kamar motel saya, saya berpikir keras tentang apa yang saya lihat siang harinyal. Bayangan restoran McDoland’s yang tersebar di sekitar perempatan jalan di seluruh negara berpawai melalui otak saya.”
Dengan persetujuan di tangan, Kroc mulai memenuhi bayangannya tentang restoran McDonald’s yang meledak dari pantai ke pantai. Dia memulai dengan membangun mata rantai pertama kongsi restoran ini – sebuah model eksperimewntal di Des Plaines, illinois, di luar kota Chicago, yang bersifatkan harga rendah yang sama, demikian pula menu yang terbatas, dan pelayanan cepat seperti di restoran San Bernardino. Restoran yang dibuka pada tanggal 15 April 1955 ini mencapai penjualan yang terhormat sebesar $366,12 dengan cepat memasukkan keuntungan. Kroc mengawasi restoran ini dengan waspada seperti seorang ibu baru, secara pribadi memimpin kegiatan dapur dan mengorek sisa permen karet dari pelataran parkir dengan pisau raut. Bagi Kroc, meniru satu kedai tunggal kakak-beradik McDonald baru permulaannya.
Supaya bisa membangun kongsi restoran, Kroc tahu bahwa dia harus memberlakukan disiplin atas industri restoran yang dikelola secara longgar. Dan itu berarti menyempurnakan prosedur operasi yang distandarkan dalam proses yang bisa ditiru. Empat puluh tahun sebelumnya, Henry Ford sudah menyadari bahwa produksi masal mobil memerlukan perkawinan antara presisi bagian-bagian mobil dan proses perakitan yang efisien. Wawan Kroc adalah menerapkan disiplin yang sama pada pembuatan sandwich. Dengan menggunakan gagasan bahwa “ada ilmu untuk membuat dan menyajikan hamburger,” Kroc memberikan kepada kepingan daging sapi gilingnya spesifikasi yang tepat – kandungan lemak: di bawah 19 persen; berat: 1,6 ons: garis tengah: 3,875 inci; bawang: ¼ ons . Kroc bahkan membangun sebuah laboratorium di pinggiran kota Chicago untuk merancang metode pembuatan kentang goreng yang sempurna pada akhir tahun 1950-an. Bukannya sekedar memasok pembeli franchise dengan rumus susu kocok dan eskrim, Kroc ingin menjual kepada mitra barunya satu sistem operasi.

Dengan lain perkataan, dia membuat cap satu pelayanan. Dan ini sarana revolusioner yang akan digunakan oleh McDonald’s untuk menciptakan kongsi restoran yang di dalamnya satu restoran di Delaware dan satu restoran di Nevada akan menyajikan burger yang tepat sama ukuran dan mutunya, masing-masing berisi potongan acar yang sama, setiap burger disajikan dalam talam yang serupa bersama kentang goreng yang dimasak dengan lamanya waktu yang sama. Sebagaimana yang diingat oleh Kroc, “Kesempurnaan sulit sekali dicapai, dan kesempurnaanlah yang saya inginkan dalam McDonald’s. Segala hal lainnya sekunder bagi saya.” Tetapi tuntutan yang serba tepat melayani satu tujuan strategis. “Tujuan kami, tentu saja, adalah memastikan bisnis yang berulang berdasarkan reputasi sistem dan bukannya mutu satu restoran atau operator tunggal,” kata Kroc. Walaupun franchise McDonald’s bertumbuhan dimana-mana di seluruh daerah di Barat Tengah dan Barat seperti bunga liar setelah hujan musim semi, keberhasilan perusahaan rupanya berumur pendek. Sementara persetujuan asli yang dijalin dengan kakak-beradik McDonalds menyebabkan Kroc menyayangi pembeli franchise yang paling awal, ini juga menyebabkan perusahaan yang baru lahir ini langsung menuju kemungkinan bangkrut. Selama tahun 1960, ketika kongsi restoran ini mengeruk uang $75 juta dalam penjualan, penghasilan McDonald’s hanya $159.000.
“Singkatnya, konsep Kroc untuk membangun McDonald’s, John Love. Dan rumah kartu impian Kroc mulai runtuh di bawah bobotnya sendiri. Sementara terbenam dalam utang dan tanpa pertumbuhan keuntungan yang bisa dibayangkan, Kroc menghadapi satu dilema yang klasik. Dia tidak mampu memperluas usaha. Dan dia tidak bisa tetap terapung. Untunglah, Harry Sonnenborn menemukan pemecahan. Dia berpikir McDonald’s harus mendapatkan uang dengan menyewa atau membeli lokasi yang akan dijadikan kedai dan kemudian menyewakannya kembali kepada pembeli franchise mula-mula dengan peningkatan harga 20 persen, dan kemudian 40 persen. Di bawah rencana ini, McDonald’s akan mencari lokasi yang sesuai dan menandatangani perjanjian sewa dengan bunga yang ditentukan. Strategi real estate pas sekali dengan tujuan penguasaan Kroc yang lebih besar. Bukannya menjual franchise geografis sebagai selubung, yang akan memberikan kepada pemegangnya hak untuk membangun sebanyak-banyaknya atau sesedikit-sedikitnya kedai sekehendak hatinya disuatu kawasan tertentu, Kroc hanya menjual franchise individual, dengan biaya rendah $950.
Ini mematikan bahwa operator yang tidak bersedia bermain mengikuti aturannya hanya bisa membuka tidak lebih dari satu saluran. Setelah menyerahkan urusan keuangan yang stabil ke tangan Harry Sonnenborn yang ahli, Kroc mulai memperluas dan memprofesionalkan kerajaan industri yang sedang tumbuh ini. Di bawah konsepsinya yang baru, setiap pembeli franchise dan operator seperti seorang manajer pabrik. Karena mengetahui bahwa ukuran bagi kompleks industri yang maju adalah manajemen profesional, pada tahun 1961 Kroc meluncurkan satu program latihan-di restoran baru di Elk Grove Village, Illinoiss. Di sana, kelompok pelaksana melatih pembeli franchise dan operator dalam metode ilmiah mengelola McDonald’s yang sukses dan melatih mereka dalam ajaran kroc tentang Mutu, Pelayanan, Kebersihan dan Nilai. “Saya menaruh hamburger pada jalur perakitan,” Kroc suka mengatakan. Hamburger juga berisi laboratorium penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan mekanisme memasak, membekukan, menyimpan, dan menyajikan. Di mana pun juga tidak ada dikotomi antara pengendalian pusat dan otonomi operasi yang lebih kentara daripada dalam iklan. Pada hari Natal akhir tahun 1950-an, Turner dan para manajer lainnya bisa berkeliling Chicago Loop dengan “Kereta Sinterklas,” sebuah truk eskrim yang diubah menjadi restoran drive-in McDonal’s yang beroda.
Namun kendati sangat menyukai cara menjajakan barang dagangan model kini ini, McDonald’s tidak mempunyai strategi periklanan untuk seluruh perusahaan. Sebaliknya, ketika operator Minneapolis Jim Zein melihat penjualannya meledak pada tahun 1959 setelah memasang iklan radio, Kroc mendorong para operator untuk memanfaatkan gelombang udara dengan kampanye mereka sendiri. Iklan yang sukses membantu penggalakan pertumbuhan yang lebih besar. Dan pada tahun 1965, dengan 710 restoran McDonald’s tersebar dalam empat puluh empat negara bagian, $171 juta dalam penjualan, dan neraca yang relatif mantap, akhirnya McDonald’s mekar sepenuhnya. Perusahaan ini go public pada tanggal 15 April, tepat sepuluh tahun sampai ke harinya setelah Kroc membuka kedai Des Plaines, menjual 300.000 saham dengan harga per lembar $22,50. Banyak saham ini yang ditawarkan oleh Kroc, yang mengeruk uang $3 juta dalam penjualan. Kroc mengerahkan uang tunai ini untuk memperluas perusahaan dan melawan pesaing yang dengan cepat menyebar di mana-mana, sebab keberhasilan perusahaan telah melahirkan banyak imitasi yang berusaha memanfaatkan industrialisasi fast food yang semakin meningkat. Melalui pertumbuhan yang pesat dan iklan yang meluas, McDonald’s pada awal tahun 1970-an menjadi kongsi restoran fast food yang terbesar di seluruh negara dan sifat yang mudah dikenali dari lansekap budaya Amerika. Dan penguasa tertinggi McDonaldland, Ray Kroc, menjadi seorang tokoh yang bertingkat nasional.

Pada tahun 1972, ketika lebih dari 2.200 saluran McDonald’s mengeruk penjualan $1 milyar, kroc menerima hadiah Horatio Alger dari Norman Vincent Peale. Sementara nilai saham pemilikannya meningkat menjadi kira-kira $500 juta. Sementara produk McDonald’s menjadi makanan pokok Amerika, hal ini membangkitkan keinginan menyelidiki wartawan dan politikus pembaharuan yang suka mencari-cari kejelekan, raksasa industri profil tinggi Ray Kroc juga menarik perhatian dari banyak pihak. Sementara produk McDonald’s menjadi makanan pokok Amerika, hal ini membangkitkan sikap tinggi hati kaum elit industri makanan. Mimi Sheraton dari New york magazine menyatakan: “Makanan McDonald’s mengerikan secara tidak ketulungan, tanpa keindahan apa pun.” Para politikus juga memperhatikan. Pada tahun 1974, ketika nilai pasar perusahaan ini melampaui nilai U.S. Steel yang maju dengan lambat, Senator Lloyd Bentsen mengeluh: “Ada sesuatu yang tidak beres dengan ekonomi kita kalau pasar saham lebih banyak dalam hamburger dan lebih sedikit dalam baja.” Banyak analis yang memandang pertumbuhan McDonald’s yang pesat sebagai hal yang tidak akan bisa dipertahankan. Tetapi Kroc merasa yakin bahwa perusahaan perlu terus berkembang supaya bisa bertahan hidup. “Saya tidak percaya dengan kejenuhan,” dia berkata. “Kami berpikir dan bicara dalam tingkat seluruh dunia.” Kroc membayangkan sebuah dunia yang di dalamnya 12.000 pasang Gerbang Lengkung Keemasan akan berdiri sebagai pos luar sebuah kerajaan perdagangan yang perkasa. Mendirikan pangkalan di ibu kota negara-negara Eropa baru permulaannya. Dengan berlalunya waktu sepuluh tahun, seribu restoran yang dibuka oleh perusahaan di luar negeri menggalakkan 27 persen tingkat pertumbuhan tahunan. Kongsi restoran ini begitu universal dikenal sebagai lambang usaha Amerika dan berpengaruh, sehingga ketika gerilyawan Marxis meledakkan sebuah restoran McDonald’s di San Salvador pada tahun 1979, mereka menyatakan bahwa tindakan teroris ini sebuah pukulan mematikan terhadap “imperialis Amerika.”
“Walaupun McDonald’s mencapai sukes, dan kekayaan pribadinya mencapai $340 juta, dia selalu khawatir,” Forbes menulis pada tahun 1975, “Kalau Kroc bepergian, dia bersikeras menyuruh sopirnya membawanya paling sedikit ke enam restoran McDonald’s untuk melakukan inspeksi kejutan.”. Walaupun dia membunuh persaingan, persaingan tidak membunuh Ray Kroc. Dia meninggal dunia dalam usia lanjut pada bulan Januari 1984, pada umur delapan puluh satu tahun, tepat sepuluh bulan sebelum McDonald’s menjual hamburger yang ke-50 milyar.

sumber : http://bio.or.id/biografi-raymond-kroc-pendiri-mcdonalds/


 Nama   : Ica Reza Risyanti
Npm    : 45214063
Kelas   : 2DA02

"Tugas Penulisan Kewirausahaan"

Posted on 19.58
Tips Menjaga Keamanan Online
Di era serba digital saat ini, mengakses internet sudah menjadi satu kebutuhan. Banyak informasi dan wawasan yang bisa kita dapatkan dengan berinternet. Namun, seiring dengan semakin mudahnya kita mengakses internet maka semakin besar risiko yang mengintai kita sebagai pengguna.

Untuk mengantisipasi resiko ini, Google membagi sejumlah tips yang bisa menjaga kita dari risiko saat mengakses internet, sebagaimana dilansir 
Antaranews:

1.Saat Anda membeli telepon seluler atau perangkat baru, Anda perlu mengatur penguncian layar. Anda dapat mengatur kode PIN, password atau pola guna mencegah orang lain membuka informasi pribadi Anda, sesuai dengan sistem operasi ponsel Anda.

2. Berhati-hatilah saat Anda mengunduh aplikasi karena beberapa aplikasi bisa saja berisi perangkat lunak berbahaya dan dapat merusak ponsel Anda. Sebelum mengunduh, ada baiknya Anda baca terlebih dulu komentar dari pengguna lain.

Perhatikan hal-hal berkaitan persyaratan sistem dan kebijakan privasi untuk memahami apa saja informasi pribadi yang dapat diakses aplikasi yang ingin diunduh itu. Sangat dianjurkan untuk mengunduh aplikasi dari sumber resmi, di antaranya Google Playstore di perangkat Android atau di iTunes di iPhone.

3. Anda harus ingat, jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum atau yang tidak dikenal dapat dimanfaatkan sebagai gerbang penyalahgunaan informasi pribadi. 

Berhati-hatilah ketika melakukan penjelajahan Internet di jaringan yang tidak Anda ketahui, contohnya jaringan Wi-Fi terbuka seperti di kafe internet. Penyedia layanan mungkin memantau semua lalu-lintas di jaringannya, termasuk memantau informasi pribadi apabila koneksi tidak dienkripsi.

Oleh karena itu, ketika menggunakan Wi-Fi umum, hindari memasukkan informasi pribadi seperti nama pemakai dan 
password, atau melakukan transaksi dalam jaringan, di antaranya transaksi perbankan ataupun belanja dalam jaringan.

4. Jika memiliki putra-putri, bekalilah mereka dengan pemahaman mana saja situs yang tepat untuk usia mereka, informasi yang dapat mereka berikan kepada orang lain. Mereka juga perlu dibekali pemahaman mengenai pentingnya 
password atau PIN yang baik agar mereka tidak sembarangan menginformasikannya kepada orang lain.
Ingatkan putra-putri Anda agar mereka memberitahu Anda bila mereka menerima pesan dari siapa pun yang meminta informasi pribadi.Sarankan mereka agar jangan pernah menanggapi pesan-pesan itu sekalipun menawarkan hadiah.

5. Jika telepon selular Anda hilang, maka lokasi perangkat Anda itu dapat diketahui dengan cara mengaktifkan Android Device Manager agar dapat mencari lokasi telepon selulernya di peta dari jarak jauh. Bunyikan atau kunci, lakukan panggilan telepon, atau hapus semua yang ada di dalam telepon seluler.

http://www.nerasukses.com/2016/02/tips-menjaga-keamanan-online-versi-google.html

Nama : Ica Reza Risyanti
Npm  :  45215063
Kelas : 2DA02



Curhatan

Posted on 19.49
Penyemangatku J
Terkadang gue tidak habis pikir bisa menjalani hubungan sama dia sampe 3 tahun lebih. Gue suka berpikir kenapa dia yang bisa membuat gue nyaman disamping  dia, sampe akhirnya gue sayang banget sama dia sampe kapanpun tentunya mencintai keluarga, Allah SWT, dan keluarga dia. Dia orang yang bisa menghibur gue saat sedih ada masalah dan slalu ngasih support ke gue dari awal kenal sampe sekarang ini. Terkadang sifat ke egoisannya, cemburu, dan pemarahnya itu yang bikin kesel tapi dari ke egoisan, kecemburuan dan pemarahnya dia buat gue sadar diri kalau dia bener sayang banget sama gue. Ortunya slalu nasehatin gue dan semangatin gue begitu juga ortu gue, ortunya dia tuh rewel, cerewet, bawel ah komplit wkwkwk tapi gue kangen sama mereka semua. Gue slalu berdoa bisa jodoh sama dia walaupun hubungan gue sekarang engga tau kaya gimana jalannya deh L
Mungkin karena ke egoisan gue juga yang nyia*in dia. Tapi gue sadar sekarang cuman dia yang bisa buat gue nyaman sampe saat ini. Terkadang manusia ingin belajar menjadi lebih baik lagi yang contohnya sih kaya gue yang menyiakan dia tapi gue sadar banget sekarang. Manusia memang tempatnya kesalahan tapi manusia juga ingin membenarkan diri juga dari kesalahan-kesalahan yang pernah dia perbuat. Hubungan 3 tahun lebih putus gara-gara LDR doang. buat kalian jangan sampe putus ya cuman gara-gara LDR doang hahaha..............
Tapi gue yakin dan berdoa gue pasti bisa sama dia lagi, optimis banget ya gue wkwkwkwk kalau dia kaga mau sama lu gimana dah??????ya pokonya sih optimis dulu aja wkwkwkwk
gue yakin dibalik semua ini udah ada jalan keluarnya untuk semuanya baik-baik lagi. Ya Allah jadikan aku jawaban dari doa*nya, dan bimbinglah aku untuk menjadi yang lebih baik lagi karena manusia tempatnya dari kesalahan J maap ya kalau curhatan blog gue lebay wkwk tapi ya inilah isi hati gue sekarang. Jangan malu-malu buat nulis blog beginian di blog sendiri.




Pengakuan Pendapatan

Posted on 08.35
Untuk memperoleh pendapatan seperti bunga atau deviden, perusahaan akan melakukan investasi dalam bentuk sekuritas utang dan sekuritas ekuitas dari perusahaan lain. Pendapatan yang dimiliki perusahaan umumnya diakui ketika
a. Telah direalisasi atau dapat direalisasi
Artinya Jika barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dapat dipertukarkan dengan kas.
b. Telah dihasilkan atau telah terjadi
Dikatakan apabila perusahaan telah melakukan atau menyediakan barang atau jasa yang ditawarkannya untuk mendapatkan hak atas pendapatan tersebut.

Sekuritas Utang

Sekuritas utang adalah suatu sekuritas yang memiliki suatu tingkat bunga kupon yang ketika dikalikan dengan nilai nominal dari harga sekuritas itu menunjukkan jumlah kas yang akan diterima oleh pemegangnya dalam bentuk pendapatan bunga setiap tahunnya.
Sekuritas utang diklasifikasikan sebagai berikut :

a. Sekuritas utang diklasifikasikan sebagai tranding (diperdagangkan)
Dimana akan mencatat jurnal pada saat penerimaan bunga yang diterima sebagi berikut :

Kas (D)................................................................xxx
             Pendapatan Bunga (K)..............................................xxx

b. Sekuritas utang diklasifikasikan sebagai held to maturity (dimiliki jatuh tempo)
Sekuritas utang tersebut memiliki jatuh tempo yang sudah ditentukan pada saat pembelian, dimana ketika pembayaran bunga untuk interval periode diterima, maka jurnal yang dibuat adalah sebagai berikut:

Kas..............................................................xxx
Investasi dalam sekuritas yang dimiliki jatuh tempo..............xxx
              Pendapatan Bunga .............................................................xxx       

c. Sekuritas utang diklasifikasikan sebagai available for sale securities (Tersedia untuk dijual)
Penyesuaian dibuat sama seperti yang telah diilustrasikan untuk trading securities, bedanya hanyalah bahwa keuntungan atau kerugian yang ditimbulkan akibat perubahan sementara harga pasar tidaklah dilaporkan dalam laporan laba rugi melainkan sebagai bagian dari laba komprehensif lainnya


Sekuritas Ekuitas

 Sekuritas ekuitas adalah suatu penanaman modal yang dilakukan oleh perusahaan agar memperoleh deviden atau laba yang akan didapatkan oleh perusahaan yang ditanamkan tersebut, baik untuk saham preferen maupun saham biasa.
Metode pencatatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Metode harga perolehan
Investasi sahjam dalam perusahaan lain yang jumlahnya kurang dari 20% dan tidak dapat mempengaruhi perusahaan yang sahamnya  dimilikinya maka dicatat dengan menggunakan metode harga perolehan.

b. Metode Ekuitas
Pada metode ini, penanaman modal dicatat sebesar harga pokoknya dimana pada setiap akhir periode akuntansi, harga pokok tersebut dapat diubah sesuai dengan bagian laba atau rugi yang diperoleh perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh perusahaan tersebut.



"Tugas Kewirausahaan Minggu Ke-3"

Posted on 08.23
1. Masalah apa yang berkaitan dengan kesulitan yang biasanya dihadapi wirausahawan dalam mendapatkan modal?
2.     Sebutkan tiga tahap pendanaan pengembangan bisnis?
3.  Sebutkan enam langkah yang harus dilakukan perusahaan baru dalam memproyeksikan kebutuhan finansialnya?
4.     Unsur dasar apa saja yang penting dalam melakukan analisa pulang pokok?
5.     Sebutkan delapan faktor yang harus dipertimbangkan dalam penilaian perusahaan?
Jawaban

1.      Masalah yang berkaitan dengan kesulitan yang biasanya dihadapi wirausahawan antara lain adalah:
a.       Kinerja atau Konsep Perusahaan yang Meragukan
b.      Kegagalan Perusahaan untuk Menindak-lanjuti
c.       Kurangnya Pengalaman dan Ketajaman Bisnis
d.      Preferensi dari Pemodal
e.       Kurangnya Hubungan dengan Sumber-sumber Modal
2.      Tiga tahap pendanaan pengembangan bisnis adalah sebagai berikut:
a.       Pendanaan tahap awal
b.      Pendanaan ekspansi atau perkembangan
c.       Pembiayaan akuisisi dan leveraged buyouts

3.    Enam langkah yang harus dilakukan oleh perusahaan baru untuk memproyeksikan kebutuhan kas     adalah:
a.       Membuat proyeksi laporan rugi laba.
b.      Membuat neraca arus kas dan item-item neraca.
c.      Memuat proyeksi aliran atau arus kas.
d.      Membuat proyeksi neraca.
e.      Membuat ringkasan kebutuhan dan penggunaan kas.
f.  Menentukan bagian dari kas total yang dibutuhkan untuk dibiayai dengan modal ventura.
4.      Unsur dasar analisa pulang pokok sebagai berikut :
a.   Biaya tetap adalah pengeluaran yang diadakan oleh organisasi tanpa melihat jumlah produk yang dihasilkan. Contoh dari biaya tetap adalah pajak tanah, pemeliharaan bangunan, pengeluaran untuk bunga pada uang yang dipinjam untuk membiayai pembelian peralatan.
b.  Biaya variabel adalah pengeluaran yang berfluktuasi dengan jumlah produk yang dihasilkan. Contoh dari biaya variabel adalah biaya pembungkusan produk, biaya bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk, biaya yang berkaitan dengan pembungkusan produk untuk dikapalkan.
c.    Biaya total adalah jumlah total biaya tetap dan biaya variabel yang berkaitan dengan produksi.
d.     Pendapatan total adalah semua nilai rupiah penjualan yang terakumulasi dari penjualan produk. Sesungguhnya pendapatan total meningkat ketika lebih banyak produk yang terjual.
e.    Keuntungan didefinisikan sebagai jumlah pendapatan total yang melebihi biaya total dari produksi barang yang dijual.
f.    Kerugian adalah jumlah biaya total produksi barang yang melebihi pendapatan total yang diperoleh dari penjualan barang tersebut.
g.    Titik pulang pokok didefinisikan sebagai situasi di mana pendapatan total organisasi sama dengan biaya totalnya; organisasi hanya memperoleh pendapatan yang hanya cukup untuk menutupi biaya-biayanya. Perusahaan tidak mendapatkan keuntungan maupun tidak mengalami kerugian.
5.      Delapan faktor yang harus dipertimbangkan dalam penilaian perusahaan adalah sebagai berikut:
a.       Sifat dan sejarah dari bisnis.
b.      Kondisi perekonomian pada umumnya maupun kondisi dari industri.
c.       Nilai buku (nilai bersih) dari saham dan kondisi finansial keseluruhan dari perusahaan.
d.      Kemampuan untuk menghasilkan pendaptan di masa depan dari perusahaan.
e.       Kemampuan membayar dividen dari perusahaan.
f.       Penilaian dari hubungan baik dan harta tak kentara dari usaha tersebut.
g.      Penilaian penjualan saham.
h.      Harga pasar dari perusahaan yang terlibat dalam jenis usaha yang sama atau identik.
Nama   : Ica Reza Risyanti
Npm    : 45214063
Kelas   : 2DA02








"Tugas Kewirausahaan Minggu Ke 2"

Posted on 04.55
Anda pasti mengenal merk Suzuki, Ya sebuah merk otomotif terkenal dari sebuah perusahaan otomotif jepang yang memproduksi motor dan mobil, produk-produknya sangat terkenal di dunia. Pendiri Suzuki yaitu Michio Suzuki dilahirkan pada tahun 1887 di sebuah kota kecil bernama Hamamatsu sekitar 200 km dari Tokyo, Jepang. Ia merupakan anak dari seorang petani kapas Jepang. Michio bekerja sebagai tukang kayu dan tumbuh menjadi seorang anak muda yang mau bekerja keras . Pada tahun 1909, pada usia 22 tahun, dia merancang sebuah alat tenun kayu yang dioperasikan dengan pedal, dan mulai menjual produknya. Suzuki Loom Works pun didirikan. Bisnis nya berjalan baik, pesanan stok semakin meningkat dan Michio Suzuki mengembangkan mesinnya untuk industri sutra. Akhirnya, banyak mesin yang dikembangkan para ahli SLW dan bisnisnya pun tumbuh dengan pesat.


Sebelas tahun kemudian, pada 1920, Michio Suzuki memutuskan untuk memperkenalkan bisnis nya di bursa saham. Hari-hari sebagai perusahaan kecil milik keluarga pun berakhir, Michio Suzuki membutuhkan dana untuk bisa melakukan expansi bisnisnya untuk memenuhi permintaan dari pasar yang semakin berkembang. Pendirian Suzuki Loom Manufacturing Company (Suzuki Jidosha Kogyo) pada Maret 1920 di anggap sebagai cikal bakal dari Suzuki Motor Company. Suzuki Loom Manufacturing Company mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk investasi dan perusahaan ini pun berkembang dengan cepat. Pada tahun 1922 Suzuki Jidosha Kogyo telah menjadi perusahaan perkakas tenun terbesar di Jepang . Pada saat itu, Jepang belum menjadi kekuatan industri terbesar seperti yang kita kenal seperti sekarang ini . Komoditi ekspor terpenting saat itu adalah hasil garmen dan pakaian . Pada tahun 1926 Suzuki mulai meng-ekspor perkakas tenunnya ke Asia Tenggara dan India. Tetapi kebutuhan pasar dalam sekejap telah terpenuhi, perkakas tenun berkualitas tinggi dari Suzuki yang bisa bertahan lama menyebabkan permintaan untuk alat tenun baru pun perlahan menyusut. Suzuki mulai mempertimbangkan untuk membuat produk lain selain memproduksi mesin tenun .

Bisa dikatakan hanya sedikit sekali pabrikan sepeda motor atau mobil di Jepang sebelum Perang Dunia ke Dua . Soichiro Honda baru membuat sepeda motornya pada tahun 1947. Sedangkan di Eropa dan Amerika industri sepeda motor dan mobil telah berjalan beberapa dekade. “Mesin Otto” telah dipatenkan di jerman tahun 1876 dan prototype sepeda motor pertama Einspur, Gottlieb Daimler’s telah dibuat tahun 1885. Robert Bosch memperkenalkan low-tension magneto the motorcycle sebelum akhir abad 19 dan pada saat yang sama Michio Suzuki sedang mendesain perkakas tenun pertamanya, perusahaan Eropa seperti Zedel (kemudian menjadi NSU), Royald enfield, puch, Peugeot, Norton dan Husqvarna telah memproduksi sepeda motor, begitu juga Indian dan Harley Davidson di Amerika. Majalah-majalah sepeda motor telah terbit dan beberapa club motor ter-organisir muncul di Eropa. Balap Isle Of Man TT pertama berlangsung tahun 1907, dua tahun sebelum Michio Suzuki memulai bengkel perkakas tenunnya.

Tidak perlu dipertanyakan lagi, bahwa Jepang memang bukanlah pioneer dalam hal mendesain sepeda motor. Pabrikan Jepang terjun ke dalam bisnis ini puluhan tahun setelah Eropa dan dalam permulaannya pun mereka kebanyakan meniru desain dan the technical solutions dari mesin-mesin Eropa. Tetapi kita semua tahu apa yang terjadi setelah era tersebut, beberapa puluh tahun setelah Perang Dunia ke 2 pabrikan raksasa Jepang mendominasi pasar sepeda motor dunia. Suzuki Loom Manufacturing Company adalah sebuah perusahaan yang mengesankan tetapi semakin menurunnya permintaan akan produk mereka membuat Suzuki mempertimbangkan untuk terjun ke dalam bisnis otomotif. 20.000 kendaraan diimpor Jepang tiap tahunnya, tetapi belum bisa memuaskan permintaan pasar akan kendaraan kelas ringan yang murah. Michio Suzuki melihat celah pasar ini dan memulai langkah pertamanya.
Biografi Michio Suzuki - Pendiri Suzuki
Logo Suzuki
Tahun 1938 Suzuki membuat prototype mobil pertamanya, berdasarkan pada Austin Seven. Tim riset Suzuki membeli sebuah Austin Seven dari Inggris, dipreteli dan dipelajari, setelah beberapa bulan kemudian mereka telah bisa membuat replika dari mobil 737cc buatan inggris tsb. Pada saat itu Jepang hanya menguasai sedikit pengetahuan tentang bagaimana memproduksi mobil dan sepeda motor yang bagus dan meniru dari mobil buatan pabrikan Eropa sepertinya menjadi jalan untuk memulainya. Tetapi timing nya sangat tidak tepat. Pada saat itu Jepang sedang bersiap untuk berperang. Proyek ini terbengkalai dan Austin Seven versi Suzuki tidak pernah diproduksi massal. Meskipun begitu proyek ini memang bukan ide yang original, karena mobil pertama dari Nissan’s berdasarkan pada Austin Seven.

Setelah perang berakhir, diikuti oleh periode pembangunan kembali dan pemulihan ekonomi yang saat itu sangat tidak stabil. Pabrik perkakas tenun SLMC berusaha untuk diperbaharui, tetapi gelombang serangan tahun 40-an serta struktur finansial yang berantakan pasca perang pada awal 50-an hampir menghancurkan Suzuki Loom Manufacturing Company. Berdasarkan sebuah cerita tentang Shunzo, yaitu anak laki-laki Michio, dia memiliki ide untuk memasangkan mesin pada sepedanya ketika dia pulang dari perjalanan memancing pada suatu hari di musim gugur. Tanpa suatu tujuan khusus, dia berkutat dengan meja gambar di rumahnya dan mulai merancang sepeda bermotor nya sendiri. Tidak pernah diketahui apakah cerita ini nyata atau tidak, tetapi yang pasti manufacturing sepeda motor akan menyelamatkan perusahaan ini dari kehancuran.

Pada November 1951 para insinyur dari Suzuki Loom Manufacturing Company mulai
mendesain sebuah mesin yang bisa dipasangkan pada sepeda. ide ini tidaklah unik, saat itu lebih dari 100 perusahaan Jepang lainnya muncul dengan ide yang sama . Soichiro Honda memulai Honda Technical Research Institute nya pada tahun 1946 dengan memperbaiki mesin-mesin kecil bekas yang dipakai oleh tentara Jepang selama perang dan memasangkannya pada sepeda . Satu tahun kemudian Honda mulai membuat mesin mereka sendiri. Saat itu Suzuki menyerahkan produksi sepeda bermotor pertama nya kepada Honda (Sekarang bernama Honda Motor Company) yang menguasai 70% dari commuting market . Sebelum mesin Power Free 36cc dirilis, sebuah mesin prototype 30cc, diberi nama “Atom” telah dibuat oleh Suzuki. “The Atom” tidak pernah diproduksi massal . Kualitas yang tinggi dari sepeda motor Suzuki membuatnya berdiri kokoh dan membuat gebrakan besar di Jepang . Banyak dari ide-ide original Shonzu Suzuki sampai ke tahap produksi. Sistem rancangannya dianggap sangat jenius, sehingga Kantor Hak Paten dari pemerintahan demokratik yang baru, memberikan subsidi keuangan pada Suzuki untuk meneruskan riset engineering sepeda motor. Tidak seperti kebanyakan kompetitornya, “the Power Free” tidak mempergunakan mesin dari produk berlebih milik militer, tetapi seluruhnya dibuat oleh Suzuki.
produk suzuki
Sepeda Motor Pertama buatan Suzuki
Pabrikan Suzuki bahkan membuat karburator dan magnet flywheel . The Power Free , diluncurkan akhir ’51, baru saja dijual beberapa bulan tidak lama berselang dilakukan banyak perubahan dan peningkatan . Hanya sebentar setelah Power Free diluncurkan pemerintah Jepang mengubah kebijakan tentang izin mengendarai sepeda motor berkapasitas kecil.Tidak diwajibkan lagi Surat Izin Mengemudi untuk mengendarai sepeda motor 4 tak berkapasitas sampai 90cc dan 2 tak sampai 60cc. Suzuki dengan segera melakukan pengembangan sepeda motor baru dengan peningkikatan kapasitas mesin menjadi 60cc. Dan ditambahkan pula gearbox dua speed pada produk mereka.

Setelah “The Power Free” sukses di pasaran, pada tahun 1953 Suzuki Jidosha Kogyo memperkenalkan “Diamond Free” yang merupakan pengembangan dari the Power Free. Kemudian tahun 1954 “Mini Free” moped 50cc yang mempergunakan vee belt sebagai penerus daya dirilis, pada tahun itu Suzuki memproduksi 6000 sepeda motor perbulan, dan berganti nama menjadi “Suzuki Motor Co. Ltd” pada bulan juni 1954 . Berawal dari pembuatan Bracket untuk mesin temple pada sepeda buatan Suzuki pertama kali. Akhirnya pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan nama COLLEDA 90cc. sampai dengan tahun 1960an, tidak banyak yang dapat dilakukan Suzuki karena sedikitnya permintaan export.

Di tahun 1967, Suzuki meluncurkan T500 yang diexport ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan untuk USA dan Cobra untuk Inggris. Kemunculan T500 dinilai cukup sukses dan terus dikembangkan menjadi GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977. Pada tahun1971, Suzuki mengalami kegagalan di pasar dunia dengan meluncurkan dengan model GT750 atau Water Buffalo. Pada tahun 1976 GT750 dikembangkan Menjadi GS750. Model GS750 ini cukup sukses dan sangat cepat menjadi popular. Pada tahun 1978, Suzuki mencapai kesuksesan yang luar biasa dengan diluncurkanya model GS 1000, Kesuksesannya ini dipicu karena motor Suzuki model GS 1000 ini memiliki frame yang terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor lain saat itu.
produk suzuki
Mobil buatan Suzuki
Hasil pengembangan GS 1000 adalah GSX 1000 itahun 1980 dan GSX 1100 Katana di tahun 1982. Dengan model yang dikenal power full, style yang modern, body ringan dan harganya yang. sangat kompetitif. ini Suzuki mencapai sukses besar. Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan dengan model andalanya GSX-R750 dan GSX-R 1100 yang dikenal sebagai motor super cepat pada saat itu karena modelnya yang mengadobsi motor balap dan diperuntukkan pada jalan raya. Suzuki model GSX-R750, sampai saat ini terus diproduksi sampai saat ini karena memiliki penjualan yang baik. Lain halnya dengan Suzuki model GSX-R 1100, produksinya di stop karena penjualan yang tak baik dan menyebabkan kerugian. Di tahun 1990an, GSX-R 1100 kembali didesign ulang namun tetap kurang mencapai kesuksesan. Gebrakan yang kesekian kalinya dialakukan kembali oleh Suzuki pada tahun 1999 dengan memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA sekaligus menjadi motor jalanan (street bike) yang tercepat didunia karena kecepatan mencapai 310km/jam.
produk suzuki
Suzuki Hayabusa, Motor Buatan Suzuki yang merupakan tercepat di Dunia
Setelah melihat perkembangan yang sukses dari perusahaan Suzuki yang didirikannya, pada tahun 1982 pada umur 94 Michio Suzuki akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya. Ia berhasil membawa Suzuki menjadi sebuah perusahaan otomotif yang terkenal dan besar di dunia dengan banyak produk yang dikeluarkan disukai oleh masyarakat. Itu semua adalah ciptaannya yang dibuat berdasarkan kejeliannya dalam mendengarkan konsumen. Bukan untuk sebuah gaya, tapi efisiensi.

Sumber : http://www.biografiku.com/2013/02/biografi-michio-suzuki-pendiri-suzuki.html
Nama   : Ica Reza Risyanti
Npm     : 45214063
Kelas    : 2DA02

EKUITAS PEMEGANG SAHAM LABA DITAHAN

Posted on 07.59
Laba ditahan

Seperti dalam bahasanya Laba ditahan ialah suatu laba yang di tahan untuk sewaktu-waktu digunakan oleh perusahaan apabila perusahaan belum mendapatkan keuntungan yang maksimal. seperti dalam pembagian deviden bagi para pemegang saham. selain deviden, Laba ditahan juga bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan perusahaan jika laba yang di dapatkan masih kurang.
Laba ditahan di dapatkan dari jumlah sebagian keuntungan atau laba perusahaan yang dimana jumlahnya ditetapkan oleh dewan komisaris. 
Apabila perusahaan mendapatkan laba atau keuntungan perusahaan yang sanggup memenuhi kebutuhan perusahaan, maka laba ditahan tidak digunakan, namun setiap tahun akan bertambah jika perusahaan mendapatkan keuntungan. 

Pada  laporan laba ditahan, terdapat dua jenis yaitu :

a. Tanpa pecadangan laba ditahan
Contoh pelaporan tanpa pecadangan laba ditahan







b. Dengan pecadangan yang tidak dicadangkan
Contoh pelaporan laba ditahan yang tidak dicadangkan  



Akuntansi untuk Deviden
Deviden ialah sejumlah keuntungan yang di dapatkan oleh pemegang saham dari sejumlah saham yang ditanamnya. Pada pemegang saham preferen, pada saat pembagian deviden mendapatkan hak prioritas mendapatkan terlebih dahulu sejumlah deviden sesuai dengan presentase tertentu, sedangkan bagii para pemegang saham mendapatkan deviden dari selisih deviden yang dibagikan dengan deviden pemegang saham preferen. apabila perusahaan tidak mendapatkan laba atau mendapatkan kerugian, deviden bisa di dapat dari laba ditahan, dengan mengurangi (kredit) akun laba ditahan. 

Macam-macam Deviden :

1. Cash Deviden
Cash deviden ialah sejumlah keuntungan yang dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk  sejumlah uang tunai, baik diberikan kepada pemegang saham biasa maupun saham preferen.

2. Script Deviden
Script deviden ialah suatu surat kesanggupan perusahaan untuk membayar deviden pemegang saham.

3. Property deviden
Property deviden ialah sejumlah keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham baik saham biasa maupun pada saham preferen dalam bentuk barang. seperti kendaraan, maupun barang lainnya.

4. Liquiditing Deviden
Liquiditing deviden ialah suatu keuntungan atau laba yang dibagikan dimana sebagian diberikan oleh pemegang saham dan sebagiannya lagi diberikan atau disumbangkan untuk perusahaan.

5. Stock Deviden
Ialah suatu keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan dalam bentuk saham ke pada para pemegang saham.

About Me

Ica Reza Risyanti
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

BACKLINK GUNADARMA














Followers