Sistem Informasi Manajemen (Tugas Softskill 1)

Posted on 07.20


Nama   : Ica Reza Risyanti
Npm    : 45214063
Kelas   : 3DA02
1.      Apa yang dimaksud dengan data dan informasi ?
Jawab : Suatu yang masih belum memiliki arti untuk penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, kejadian suatu konsep.  Sedangkan informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.
2.      Sumber daya utama yang dikelola oleh manajer! (Sebutkan)
Jawab : Lima bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajer adalah :
1.      Manusia
Sumber daya manusia (karyawan).
2.      Material
Sumber daya alam (bahan baku).
3.      Mesin termasuk fasilitas dan energi
Teknologi adalah satu alat bagi manajer untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan usahannya.
4.      Keuangan
Modal.
5.      Informasi termasuk data
Informasi (termasuk data) adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin dan Uang.
Dengan mendapatkan data mentah lalu mengolahnya sehingga menghasilkan informasi yang berguna, baru setelah itu memanfaatkan secara efektif untuk mengambil keputusan dan jika perlu mengganti informasi yang usang.
Empat jenis sumber daya pertama (Manusia, Material, Mesin termasuk fasilitas dan energi, dan Keuangan) merupakan sumberdaya fisik sedangkan sumberdaya terakhir (Informasi (termasuk data) merupakan sumberdaya konseptual.
3.      Apa yang dimaksud dengan manajemen informasi ?
Jawab : Manajemen informasi adalah pengelolaan data didalamnya mencakup proses menyusun, mencari, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang digunakan perusahaan sehingga bisa dijadikan dalam landasan pengambilan keputusan oleh manajemen.
4.      Berikan contoh kompleksitas bisnis dilihat dari perkembangan teknologi yang semakin meningkat!
Jawab :
1.       Terbentuknya jaringan komunikasi global yang mempu memberikan pelayanan digital terpadu (broadband integrated service digital network) yang sekarang ini dimulai dengan internet. 
2.       Adanya informasi yang berlangsung selama 24 jam sehari, merangsang tindakan instant dari peminatnya tanpa peduli waktu dan tempat. 
3.       Berkembangnya informasi seperti majalah, newsletter, berita faksimil, penerbitan elektronik dan sebagai-nya yang terbatas pada profesi tetentu yang membutuhkan perkem-bangan mutakhir setiap ada perubahan bidang tersebut. 
4.       Kompleksitas informasi baik jenis, jumlah, maupun kualitasnya yang berkembang disegala bidang termasuk juga informasi yang tidak berguna (limbah). 
5.       Orang berlomba-lomba mengum-pulkan sebanyak-banyaknya infor-masi, meskipun pada akhirnya tidak mampu mengelola dengan cepat dan tepat. 
6.       Terjadinya perkembangan struktur ekonomi negara maju, yaitu dari masyarakat industri ke masyarakat informasi.
7.       Sektor informasi memainkan peranan terbesar dibanding sektor industri dan pertanian. 
Referensi :  
kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/sb1-7.html
Parda2011.blogspot.co.id/2011/10/sistem-manajemen-informasi-1.html
Kayudha.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-manajemen-informasi.html?m=1
raflyafiat78.blogspot.co.id/2015/02/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html 





Sewa Guna Usaha (Leasing)

Posted on 08.34
Sewa guna usaha merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Lessor yang menawarkan sejumlah uang untuk mmbiayai  beberapa barang modal yang akan digunakan oleh pihak lessee yang kemudian leasor tersebut menyewakan barang tersebut dalam jangka waktu yang sudah ditentukan baik dari pihak leasor itu sendiri maupun perjanjian antara kedua belah pihak dimana barang tersebut akan menghasilkan manfaat bagi pihak lessee dalam menjalankan kegiatan usaha perusahaan.

Dari pengertian diatas, maka pihak yang terkait dalam kegiatan leasing ialah:

Lessor yaitu pihak yang memberikan sewa atas barang yang dia miliki, baik berupa mesin produksi, kendaraan , dan lain-lain. serta Lessee yaitu pihak yang menerima barang atas sewa tersebut yang kemudian akan digunakan dalam menjalankan kegiatan usaha yang dilakukannya. Serta terdapat supplier yaitu pihak yang menyewakan barang modal.
Kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan leasing yaitu terdapat dua kegiatan yaitu:

1. Melakukan sewa guna usaha dengan hak opsi bagi lessee
2. Melakukan sewa guna usaha dengan tanpa hak opsi bagi lesse

Keuntungan dalam menjalankan leasing yaitu :

1. Bagi pihak Lessor (Pihak yang memberi sewa terhadap lessee)
- Memberikan keuntungan bagi pihak lessor, karena setiap bulan atau triwulan atau beberapa tanggal sesuai dengan perjanjian, pihak lessee akan memberi upah atas sewa yang perusahaan tersebut gunakan kepada pihak lessor
- Barang yang disediakan tidak akan menganggur.

2. Bagi pihak lesse
- Penghematan modal
- Menghindari risiko kepemilikan seperti kerusakan, keusangan dan lain sebagainya
- Mendapatkan kebutuhan barang yang diinginkan
Kriteria penggolongan dalam leasing

1)    Transfer Kepemilikan
2)    Opsi Pembelian Murah
3)    Masa Sewa Guna Usaha > 75% taksiran umur Ekonomis
Taksiran umur ekonomis merupakan taksiran masa manfaat atas barang yang disewakan tersebut.
4)    Nilai sekarang pembayaran sewa minimun > 90% nilai wajar



Akuntansi Perpajakan

Posted on 01.57

Akuntansi Perpajakan
 Pengertian Pajak

Seperti yang sudah diketahui pajak ialah suatu potongan yang wajib dikenakkan oleh semua orang atas setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima oleh wajib pajak itu sendiri, yang penghasilannya didapatkan dari dalam maupun luar Indonesia.
Perbedaan Permanen dan Perbedaan Temporer dalam laporan keuangan

1. Perbedaan Permanen atau tetap
Perbedaan ini disebabkan kaarena adanya provisi (imbalan jasa) dari UU Perpajakan yang sudah menentukan beberapa jenis pendapatan yang dibebaskan dari PPH tidak kena pajak dan beberapa jenis beban yang tidak boleh dikurangkan dalam pengurangan pajak.
Jenis-jenis dari perbedaan tetap yaitu :
a. Penghasilan yang telah dipotong PPH Fiskal
b. Penghasilan yang bukan merupakan objek pajak
c. Pengeluaran termasuk dalam beban yang tidak boleh dikurangkan
d. Pengeluaran yang tidak termasuk dalam beban yang boleh dikurangkan


2. Perbedaan Temporer
Pada perbedaan temporer atau sementara ialah suatu perbedaan pada laba akuntansi dengan PKP yang disebabkan karena adanya suatu ketentuan pajak dan bisa memberi pengaruh dimasa yang akan datang.
Alokasi Pajak Penghasilan

Prinsip-prinsip Alokasi 
a. Interperiod Tax Allocation
merupakan suatu proses alokasi PPH antar periode tahun buku yang satu dengan periode tahun buku berikutnya. Pada alokasi PPH antar periode tahun buku ini atau pada Interperiod tax allocation ini diperlukan karena adanya suatu perbedaan terhadap jumlah laba kena pajak dan laba akuntansi.
b. Intraperiod Tax Allocation
Merupakan suatu proses alokasi PPH dalam suatu periode akuntansi karena adanya suatu perbedaan tarif ajak yang dikenakan terhadap tiap-tiap komponen laba atau pendapatan.
Metode  Alokasi Pajak
a. Deffered Method
Di dalam metode ini, selisih antara jumlah pajak penghasilan yang terhutang dengan biaya pajak penghasilan dalam suatu periode harus dicatat dan disajikan dalam laporan keuangan perusahaan sebagai suatu pajak yang ditangguhkan. Jumlah pajak yang ditangguhkan berdasarkan tarifpajak yang berlaku.

b. Liability Method
Di dalam metode ini jumlah pajak yang ditangguhkan ditentukan berdasarkan tarif pajak yang diharapkan akan berlaku dalam suatu periode dimana selisih pajak akan dikompensasikan.

c. Net tax of method
Sedangkan dalam metode ini, pada pelaporan pajak yang ditangguhkan di dalam neraca tidak dibenarkan karena biaya pajak penghasilan yang dilaporkan dalam laporan laba/rugi harus sama dengan jumlah pajak penghasilan terutang.


"Tugas Kewirausahaan Minggu Ke-4

Posted on 06.52
BIOGRAFI RAY KROC
Raymond Kroc adalah seorang pengusaha yang membeli McDonald’s Corporation pada tahun 1955, dan menjadikannya sebagai restoran cepat saji terbesar di dunia. Beliau lebih dikenal dengan nama Ray Kroc. Kroc termasuk salah satu dari 100 orang pendiri dan raksasa industri yang paling berpengaruh versi majalah Time. Kroc juga merupakan pemilik tim baseball San Diego Padres yang berdiri sejak 1974. Ray lahir pada 5 Oktober 1902 dan meninggal 14 Januari 1984 pada usia 81 tahun.

Dalam apa yang seharusnya menjadi tahun emasnya, Raymond Kroc, pendiri dan pembangun McDonald’s Corporation, membuktikan dirinya sebagai seorang pelopor industri yang tidak kalah kemampuannya dengan Henry Ford. Dia merevolusikan industri restoran dengan memberlakukan disiplin atas produksi hamburger, kentang goreng, dan susu kocok. Dengan mengembangkan sistem operasi dan antaran yang maju, dia memastikan bahwa kentang goreng yang dibeli oleh pelanggan di Topeka akan sama dengan yang dibeli di New York City. Konsistensi seperti ini menjadikan McDonald’s nama mereka yang mendefinisikan fast food Amerika.


Pada tahun 1960, terdapat lebih dari 200 saluran McDonald’s di seluruh Amerika, perluasan cepat yang dikobarkan oleh biaya franchise yang rendah. Ray Kroc telah menciptakan salah satu merek yang paling kuat sepanjang masa. Tetapi dia nyaris tidak mendapat keuntungan. Akhirnya, dia memutuskan untuk menggunakan real estate sebagai pendukung keuangan yang menyebabkan McDonald’s menjadi operasi yang menguntungkan. Pada tahun 1956, Kroc mendirikan Franchise Realty Corporation, membeli tanah dan bertindak selaku pemilik restoran bagi pembeli franchise yang penuh minat. Dengan langkah ini, McDonald’s mulai memperoleh penghasilan yang sesungguhnya, dan perusahaan pun lepas landas. Kroc kemudian memperkenalkan program periklanan nasional untuk mendukung franchise yang tersebar dengan cepat; dan setelah tampak bahwa pertumbuhan di wilayah asal perusahaan ini melambat pada awal tahun 1970-an, dia memulai dorongan yang penuh semangat dan suksesuntuk membuat kehadiran global bagi McDonald’s.
Sepanjang pertumbuhan perusahaan yang spektakuler, Kroc melakukan akrobat keseimbangan berjalan di atas rentangan tali yang sulit, memberlakukan standar yang keras di seluruh sistem sementara mendorong semangat wirausaha yang menyambut baik gagasan dari semua tingkat. Banyak gagasan ini yang memberikan sumbangan kepada keberhasilan perusahaan yang menakjubkan. Dalam mengumpulkan kekayaan sebesar $500 juta, raja hamburger ini mengubah lansekap budaya bangsa dan menempa sebuah industri yang termasuk di kalangan ekspor Amerika yang terbesar. Keberhasilan McDonald’s yang ditiru secara meluas menawarkan contoh yang baik sekali bagi manajer dan eksekutif zaman sekarang yang berusaha mencari efisiensi produksi yang lebih besar.
Dengan menempatkan hamburger yang bersahaja di atas jalur perakitan, Kroc menunjukkan kepada seluruh dunia bagaimana cara menerapkan pross manajemen yang maju pada usaha yang paling membosankan. Supaya bisa maju dengan cara McDonald’s, perusahaan-perusahaan harus menetapkan prinsip dasar pelayanan yang mereka tawarkan, memecah-mecah pekerjaan menjadi bagian-bagian, dan kemudian terus-menerus merakitnya kembali dan menyempurnakan banyak langkah sampai sistem berjalan tanpa kekangan. Hari ini, perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam antara pizza, pemrosesan klaim asuransi, atau menjual mainan mendapat keuntungan dari jenis sistem yang dipelopori oleh Ray Kroc. Sampai tingkat ketika operasi seperti ini menjaga pengendalian mutu, dan memelihara kepuasan pelanggan, keuntungan akan mengalir.
Sebagai salesman mesin susu kocok, Raymond Kroc secara rutin mengunjungi kliennya. Tetapi ketika salesman berumur lima puluh dua tahun ini pergi dari rumahnya dekat Chicago ke California selatan untuk menemui dua kliennya yang terbesar, hasilnya sama sekali bukan hal rutin. Maurice dan Richard McDonald meninggalkan New Hampshire pada tahun 1930, berusaha mencari peruntungan di Hollywood. Karena tidak bisa mendapatkan hasil besar di Tinseltown, kakak beradik ini akhirnya menjadi pemilik restoran drive-in di San Bernardino, kota kecil berdebu sejauh lima puluh lima mil di sebelah timur Los Angeles. Sementara kebanyakan restoran membeli satu atau dua Prince Castle Multimixer, yang bisa mencampur lima gelas susu kocok sekaligus, McDonald bersaudara membeli delapan buah. Dan Kroc ingin tahu jenis operasi apa yang membutuhkan kemampuan membuat empat puluh gelas susu kocok pada saat saat yang bersamaan.

Maka dia pergi ke San Bernardino, dan apa yang dilihatnya di sana mengubah kehidupannya. Kroc berdiri di keteduhan dua gerbang lengkung keemasan restoran yang gemerlapan, yang menerangi langit di senja kala, dan melihat antrian orang-orang yang berkelok-kelok seperti ular di luar restoran yang berbentuk segi delapan. Melalui dinding bangunan yang selurunya terbuat dari kaca, dia memandangi para karyawan pria, yang memakai topi kertas dan seragam putih, sibuk di restoran yang sangat bersih, menyajikan burger dalam piring, kentang goreng dan susu kocok kepada keluarga-keluarga kelas pekerja yang berdatangan naik mobil. “Sesuatu pasti sedang terjadi di sini, saya mengatakan kepada diri sendiri,” Kroc kemudian menulis dalam otobiografinya, Grinding It Out. “Ini pasti operasi perdagangan paling menakjubkan yang pernah saya lihat.” Tidak seperti begitu banyak operasi pelayanan makanan yang pernah ditemui oleh Krock, tempat ini mendengung seperti mesin yang ditun-up dengan sempurna.
Sebagaimana Forbes menyatakannya, “singkatnya, kakak-beradik ini mendatangkan efisiensi kepada bisnis yang cepat.” Mereka menawarkan menu sembilan jenis makanan – burger, kentang goreng, susu kocok, dan pai – menyingkirkan tempat duduk, serta menggunakan alat makan kertas dan bukannya kaca atau porselen. Mereka juga merancang jalur perakitan kasaran sehingga mereka bisa melayani pesanan dalam waktu kurang dari enam puluh detik. Kroc seketika tahu bahwa dia telah melihat masa depan. “Malam itu dalam kamar motel saya, saya berpikir keras tentang apa yang saya lihat siang harinyal. Bayangan restoran McDoland’s yang tersebar di sekitar perempatan jalan di seluruh negara berpawai melalui otak saya.”
Dengan persetujuan di tangan, Kroc mulai memenuhi bayangannya tentang restoran McDonald’s yang meledak dari pantai ke pantai. Dia memulai dengan membangun mata rantai pertama kongsi restoran ini – sebuah model eksperimewntal di Des Plaines, illinois, di luar kota Chicago, yang bersifatkan harga rendah yang sama, demikian pula menu yang terbatas, dan pelayanan cepat seperti di restoran San Bernardino. Restoran yang dibuka pada tanggal 15 April 1955 ini mencapai penjualan yang terhormat sebesar $366,12 dengan cepat memasukkan keuntungan. Kroc mengawasi restoran ini dengan waspada seperti seorang ibu baru, secara pribadi memimpin kegiatan dapur dan mengorek sisa permen karet dari pelataran parkir dengan pisau raut. Bagi Kroc, meniru satu kedai tunggal kakak-beradik McDonald baru permulaannya.
Supaya bisa membangun kongsi restoran, Kroc tahu bahwa dia harus memberlakukan disiplin atas industri restoran yang dikelola secara longgar. Dan itu berarti menyempurnakan prosedur operasi yang distandarkan dalam proses yang bisa ditiru. Empat puluh tahun sebelumnya, Henry Ford sudah menyadari bahwa produksi masal mobil memerlukan perkawinan antara presisi bagian-bagian mobil dan proses perakitan yang efisien. Wawan Kroc adalah menerapkan disiplin yang sama pada pembuatan sandwich. Dengan menggunakan gagasan bahwa “ada ilmu untuk membuat dan menyajikan hamburger,” Kroc memberikan kepada kepingan daging sapi gilingnya spesifikasi yang tepat – kandungan lemak: di bawah 19 persen; berat: 1,6 ons: garis tengah: 3,875 inci; bawang: ¼ ons . Kroc bahkan membangun sebuah laboratorium di pinggiran kota Chicago untuk merancang metode pembuatan kentang goreng yang sempurna pada akhir tahun 1950-an. Bukannya sekedar memasok pembeli franchise dengan rumus susu kocok dan eskrim, Kroc ingin menjual kepada mitra barunya satu sistem operasi.

Dengan lain perkataan, dia membuat cap satu pelayanan. Dan ini sarana revolusioner yang akan digunakan oleh McDonald’s untuk menciptakan kongsi restoran yang di dalamnya satu restoran di Delaware dan satu restoran di Nevada akan menyajikan burger yang tepat sama ukuran dan mutunya, masing-masing berisi potongan acar yang sama, setiap burger disajikan dalam talam yang serupa bersama kentang goreng yang dimasak dengan lamanya waktu yang sama. Sebagaimana yang diingat oleh Kroc, “Kesempurnaan sulit sekali dicapai, dan kesempurnaanlah yang saya inginkan dalam McDonald’s. Segala hal lainnya sekunder bagi saya.” Tetapi tuntutan yang serba tepat melayani satu tujuan strategis. “Tujuan kami, tentu saja, adalah memastikan bisnis yang berulang berdasarkan reputasi sistem dan bukannya mutu satu restoran atau operator tunggal,” kata Kroc. Walaupun franchise McDonald’s bertumbuhan dimana-mana di seluruh daerah di Barat Tengah dan Barat seperti bunga liar setelah hujan musim semi, keberhasilan perusahaan rupanya berumur pendek. Sementara persetujuan asli yang dijalin dengan kakak-beradik McDonalds menyebabkan Kroc menyayangi pembeli franchise yang paling awal, ini juga menyebabkan perusahaan yang baru lahir ini langsung menuju kemungkinan bangkrut. Selama tahun 1960, ketika kongsi restoran ini mengeruk uang $75 juta dalam penjualan, penghasilan McDonald’s hanya $159.000.
“Singkatnya, konsep Kroc untuk membangun McDonald’s, John Love. Dan rumah kartu impian Kroc mulai runtuh di bawah bobotnya sendiri. Sementara terbenam dalam utang dan tanpa pertumbuhan keuntungan yang bisa dibayangkan, Kroc menghadapi satu dilema yang klasik. Dia tidak mampu memperluas usaha. Dan dia tidak bisa tetap terapung. Untunglah, Harry Sonnenborn menemukan pemecahan. Dia berpikir McDonald’s harus mendapatkan uang dengan menyewa atau membeli lokasi yang akan dijadikan kedai dan kemudian menyewakannya kembali kepada pembeli franchise mula-mula dengan peningkatan harga 20 persen, dan kemudian 40 persen. Di bawah rencana ini, McDonald’s akan mencari lokasi yang sesuai dan menandatangani perjanjian sewa dengan bunga yang ditentukan. Strategi real estate pas sekali dengan tujuan penguasaan Kroc yang lebih besar. Bukannya menjual franchise geografis sebagai selubung, yang akan memberikan kepada pemegangnya hak untuk membangun sebanyak-banyaknya atau sesedikit-sedikitnya kedai sekehendak hatinya disuatu kawasan tertentu, Kroc hanya menjual franchise individual, dengan biaya rendah $950.
Ini mematikan bahwa operator yang tidak bersedia bermain mengikuti aturannya hanya bisa membuka tidak lebih dari satu saluran. Setelah menyerahkan urusan keuangan yang stabil ke tangan Harry Sonnenborn yang ahli, Kroc mulai memperluas dan memprofesionalkan kerajaan industri yang sedang tumbuh ini. Di bawah konsepsinya yang baru, setiap pembeli franchise dan operator seperti seorang manajer pabrik. Karena mengetahui bahwa ukuran bagi kompleks industri yang maju adalah manajemen profesional, pada tahun 1961 Kroc meluncurkan satu program latihan-di restoran baru di Elk Grove Village, Illinoiss. Di sana, kelompok pelaksana melatih pembeli franchise dan operator dalam metode ilmiah mengelola McDonald’s yang sukses dan melatih mereka dalam ajaran kroc tentang Mutu, Pelayanan, Kebersihan dan Nilai. “Saya menaruh hamburger pada jalur perakitan,” Kroc suka mengatakan. Hamburger juga berisi laboratorium penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan mekanisme memasak, membekukan, menyimpan, dan menyajikan. Di mana pun juga tidak ada dikotomi antara pengendalian pusat dan otonomi operasi yang lebih kentara daripada dalam iklan. Pada hari Natal akhir tahun 1950-an, Turner dan para manajer lainnya bisa berkeliling Chicago Loop dengan “Kereta Sinterklas,” sebuah truk eskrim yang diubah menjadi restoran drive-in McDonal’s yang beroda.
Namun kendati sangat menyukai cara menjajakan barang dagangan model kini ini, McDonald’s tidak mempunyai strategi periklanan untuk seluruh perusahaan. Sebaliknya, ketika operator Minneapolis Jim Zein melihat penjualannya meledak pada tahun 1959 setelah memasang iklan radio, Kroc mendorong para operator untuk memanfaatkan gelombang udara dengan kampanye mereka sendiri. Iklan yang sukses membantu penggalakan pertumbuhan yang lebih besar. Dan pada tahun 1965, dengan 710 restoran McDonald’s tersebar dalam empat puluh empat negara bagian, $171 juta dalam penjualan, dan neraca yang relatif mantap, akhirnya McDonald’s mekar sepenuhnya. Perusahaan ini go public pada tanggal 15 April, tepat sepuluh tahun sampai ke harinya setelah Kroc membuka kedai Des Plaines, menjual 300.000 saham dengan harga per lembar $22,50. Banyak saham ini yang ditawarkan oleh Kroc, yang mengeruk uang $3 juta dalam penjualan. Kroc mengerahkan uang tunai ini untuk memperluas perusahaan dan melawan pesaing yang dengan cepat menyebar di mana-mana, sebab keberhasilan perusahaan telah melahirkan banyak imitasi yang berusaha memanfaatkan industrialisasi fast food yang semakin meningkat. Melalui pertumbuhan yang pesat dan iklan yang meluas, McDonald’s pada awal tahun 1970-an menjadi kongsi restoran fast food yang terbesar di seluruh negara dan sifat yang mudah dikenali dari lansekap budaya Amerika. Dan penguasa tertinggi McDonaldland, Ray Kroc, menjadi seorang tokoh yang bertingkat nasional.

Pada tahun 1972, ketika lebih dari 2.200 saluran McDonald’s mengeruk penjualan $1 milyar, kroc menerima hadiah Horatio Alger dari Norman Vincent Peale. Sementara nilai saham pemilikannya meningkat menjadi kira-kira $500 juta. Sementara produk McDonald’s menjadi makanan pokok Amerika, hal ini membangkitkan keinginan menyelidiki wartawan dan politikus pembaharuan yang suka mencari-cari kejelekan, raksasa industri profil tinggi Ray Kroc juga menarik perhatian dari banyak pihak. Sementara produk McDonald’s menjadi makanan pokok Amerika, hal ini membangkitkan sikap tinggi hati kaum elit industri makanan. Mimi Sheraton dari New york magazine menyatakan: “Makanan McDonald’s mengerikan secara tidak ketulungan, tanpa keindahan apa pun.” Para politikus juga memperhatikan. Pada tahun 1974, ketika nilai pasar perusahaan ini melampaui nilai U.S. Steel yang maju dengan lambat, Senator Lloyd Bentsen mengeluh: “Ada sesuatu yang tidak beres dengan ekonomi kita kalau pasar saham lebih banyak dalam hamburger dan lebih sedikit dalam baja.” Banyak analis yang memandang pertumbuhan McDonald’s yang pesat sebagai hal yang tidak akan bisa dipertahankan. Tetapi Kroc merasa yakin bahwa perusahaan perlu terus berkembang supaya bisa bertahan hidup. “Saya tidak percaya dengan kejenuhan,” dia berkata. “Kami berpikir dan bicara dalam tingkat seluruh dunia.” Kroc membayangkan sebuah dunia yang di dalamnya 12.000 pasang Gerbang Lengkung Keemasan akan berdiri sebagai pos luar sebuah kerajaan perdagangan yang perkasa. Mendirikan pangkalan di ibu kota negara-negara Eropa baru permulaannya. Dengan berlalunya waktu sepuluh tahun, seribu restoran yang dibuka oleh perusahaan di luar negeri menggalakkan 27 persen tingkat pertumbuhan tahunan. Kongsi restoran ini begitu universal dikenal sebagai lambang usaha Amerika dan berpengaruh, sehingga ketika gerilyawan Marxis meledakkan sebuah restoran McDonald’s di San Salvador pada tahun 1979, mereka menyatakan bahwa tindakan teroris ini sebuah pukulan mematikan terhadap “imperialis Amerika.”
“Walaupun McDonald’s mencapai sukes, dan kekayaan pribadinya mencapai $340 juta, dia selalu khawatir,” Forbes menulis pada tahun 1975, “Kalau Kroc bepergian, dia bersikeras menyuruh sopirnya membawanya paling sedikit ke enam restoran McDonald’s untuk melakukan inspeksi kejutan.”. Walaupun dia membunuh persaingan, persaingan tidak membunuh Ray Kroc. Dia meninggal dunia dalam usia lanjut pada bulan Januari 1984, pada umur delapan puluh satu tahun, tepat sepuluh bulan sebelum McDonald’s menjual hamburger yang ke-50 milyar.

sumber : http://bio.or.id/biografi-raymond-kroc-pendiri-mcdonalds/


 Nama   : Ica Reza Risyanti
Npm    : 45214063
Kelas   : 2DA02

"Tugas Penulisan Kewirausahaan"

Posted on 19.58
Tips Menjaga Keamanan Online
Di era serba digital saat ini, mengakses internet sudah menjadi satu kebutuhan. Banyak informasi dan wawasan yang bisa kita dapatkan dengan berinternet. Namun, seiring dengan semakin mudahnya kita mengakses internet maka semakin besar risiko yang mengintai kita sebagai pengguna.

Untuk mengantisipasi resiko ini, Google membagi sejumlah tips yang bisa menjaga kita dari risiko saat mengakses internet, sebagaimana dilansir 
Antaranews:

1.Saat Anda membeli telepon seluler atau perangkat baru, Anda perlu mengatur penguncian layar. Anda dapat mengatur kode PIN, password atau pola guna mencegah orang lain membuka informasi pribadi Anda, sesuai dengan sistem operasi ponsel Anda.

2. Berhati-hatilah saat Anda mengunduh aplikasi karena beberapa aplikasi bisa saja berisi perangkat lunak berbahaya dan dapat merusak ponsel Anda. Sebelum mengunduh, ada baiknya Anda baca terlebih dulu komentar dari pengguna lain.

Perhatikan hal-hal berkaitan persyaratan sistem dan kebijakan privasi untuk memahami apa saja informasi pribadi yang dapat diakses aplikasi yang ingin diunduh itu. Sangat dianjurkan untuk mengunduh aplikasi dari sumber resmi, di antaranya Google Playstore di perangkat Android atau di iTunes di iPhone.

3. Anda harus ingat, jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum atau yang tidak dikenal dapat dimanfaatkan sebagai gerbang penyalahgunaan informasi pribadi. 

Berhati-hatilah ketika melakukan penjelajahan Internet di jaringan yang tidak Anda ketahui, contohnya jaringan Wi-Fi terbuka seperti di kafe internet. Penyedia layanan mungkin memantau semua lalu-lintas di jaringannya, termasuk memantau informasi pribadi apabila koneksi tidak dienkripsi.

Oleh karena itu, ketika menggunakan Wi-Fi umum, hindari memasukkan informasi pribadi seperti nama pemakai dan 
password, atau melakukan transaksi dalam jaringan, di antaranya transaksi perbankan ataupun belanja dalam jaringan.

4. Jika memiliki putra-putri, bekalilah mereka dengan pemahaman mana saja situs yang tepat untuk usia mereka, informasi yang dapat mereka berikan kepada orang lain. Mereka juga perlu dibekali pemahaman mengenai pentingnya 
password atau PIN yang baik agar mereka tidak sembarangan menginformasikannya kepada orang lain.
Ingatkan putra-putri Anda agar mereka memberitahu Anda bila mereka menerima pesan dari siapa pun yang meminta informasi pribadi.Sarankan mereka agar jangan pernah menanggapi pesan-pesan itu sekalipun menawarkan hadiah.

5. Jika telepon selular Anda hilang, maka lokasi perangkat Anda itu dapat diketahui dengan cara mengaktifkan Android Device Manager agar dapat mencari lokasi telepon selulernya di peta dari jarak jauh. Bunyikan atau kunci, lakukan panggilan telepon, atau hapus semua yang ada di dalam telepon seluler.

http://www.nerasukses.com/2016/02/tips-menjaga-keamanan-online-versi-google.html

Nama : Ica Reza Risyanti
Npm  :  45215063
Kelas : 2DA02



Curhatan

Posted on 19.49
Penyemangatku J
Terkadang gue tidak habis pikir bisa menjalani hubungan sama dia sampe 3 tahun lebih. Gue suka berpikir kenapa dia yang bisa membuat gue nyaman disamping  dia, sampe akhirnya gue sayang banget sama dia sampe kapanpun tentunya mencintai keluarga, Allah SWT, dan keluarga dia. Dia orang yang bisa menghibur gue saat sedih ada masalah dan slalu ngasih support ke gue dari awal kenal sampe sekarang ini. Terkadang sifat ke egoisannya, cemburu, dan pemarahnya itu yang bikin kesel tapi dari ke egoisan, kecemburuan dan pemarahnya dia buat gue sadar diri kalau dia bener sayang banget sama gue. Ortunya slalu nasehatin gue dan semangatin gue begitu juga ortu gue, ortunya dia tuh rewel, cerewet, bawel ah komplit wkwkwk tapi gue kangen sama mereka semua. Gue slalu berdoa bisa jodoh sama dia walaupun hubungan gue sekarang engga tau kaya gimana jalannya deh L
Mungkin karena ke egoisan gue juga yang nyia*in dia. Tapi gue sadar sekarang cuman dia yang bisa buat gue nyaman sampe saat ini. Terkadang manusia ingin belajar menjadi lebih baik lagi yang contohnya sih kaya gue yang menyiakan dia tapi gue sadar banget sekarang. Manusia memang tempatnya kesalahan tapi manusia juga ingin membenarkan diri juga dari kesalahan-kesalahan yang pernah dia perbuat. Hubungan 3 tahun lebih putus gara-gara LDR doang. buat kalian jangan sampe putus ya cuman gara-gara LDR doang hahaha..............
Tapi gue yakin dan berdoa gue pasti bisa sama dia lagi, optimis banget ya gue wkwkwkwk kalau dia kaga mau sama lu gimana dah??????ya pokonya sih optimis dulu aja wkwkwkwk
gue yakin dibalik semua ini udah ada jalan keluarnya untuk semuanya baik-baik lagi. Ya Allah jadikan aku jawaban dari doa*nya, dan bimbinglah aku untuk menjadi yang lebih baik lagi karena manusia tempatnya dari kesalahan J maap ya kalau curhatan blog gue lebay wkwk tapi ya inilah isi hati gue sekarang. Jangan malu-malu buat nulis blog beginian di blog sendiri.




Pengakuan Pendapatan

Posted on 08.35
Untuk memperoleh pendapatan seperti bunga atau deviden, perusahaan akan melakukan investasi dalam bentuk sekuritas utang dan sekuritas ekuitas dari perusahaan lain. Pendapatan yang dimiliki perusahaan umumnya diakui ketika
a. Telah direalisasi atau dapat direalisasi
Artinya Jika barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dapat dipertukarkan dengan kas.
b. Telah dihasilkan atau telah terjadi
Dikatakan apabila perusahaan telah melakukan atau menyediakan barang atau jasa yang ditawarkannya untuk mendapatkan hak atas pendapatan tersebut.

Sekuritas Utang

Sekuritas utang adalah suatu sekuritas yang memiliki suatu tingkat bunga kupon yang ketika dikalikan dengan nilai nominal dari harga sekuritas itu menunjukkan jumlah kas yang akan diterima oleh pemegangnya dalam bentuk pendapatan bunga setiap tahunnya.
Sekuritas utang diklasifikasikan sebagai berikut :

a. Sekuritas utang diklasifikasikan sebagai tranding (diperdagangkan)
Dimana akan mencatat jurnal pada saat penerimaan bunga yang diterima sebagi berikut :

Kas (D)................................................................xxx
             Pendapatan Bunga (K)..............................................xxx

b. Sekuritas utang diklasifikasikan sebagai held to maturity (dimiliki jatuh tempo)
Sekuritas utang tersebut memiliki jatuh tempo yang sudah ditentukan pada saat pembelian, dimana ketika pembayaran bunga untuk interval periode diterima, maka jurnal yang dibuat adalah sebagai berikut:

Kas..............................................................xxx
Investasi dalam sekuritas yang dimiliki jatuh tempo..............xxx
              Pendapatan Bunga .............................................................xxx       

c. Sekuritas utang diklasifikasikan sebagai available for sale securities (Tersedia untuk dijual)
Penyesuaian dibuat sama seperti yang telah diilustrasikan untuk trading securities, bedanya hanyalah bahwa keuntungan atau kerugian yang ditimbulkan akibat perubahan sementara harga pasar tidaklah dilaporkan dalam laporan laba rugi melainkan sebagai bagian dari laba komprehensif lainnya


Sekuritas Ekuitas

 Sekuritas ekuitas adalah suatu penanaman modal yang dilakukan oleh perusahaan agar memperoleh deviden atau laba yang akan didapatkan oleh perusahaan yang ditanamkan tersebut, baik untuk saham preferen maupun saham biasa.
Metode pencatatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Metode harga perolehan
Investasi sahjam dalam perusahaan lain yang jumlahnya kurang dari 20% dan tidak dapat mempengaruhi perusahaan yang sahamnya  dimilikinya maka dicatat dengan menggunakan metode harga perolehan.

b. Metode Ekuitas
Pada metode ini, penanaman modal dicatat sebesar harga pokoknya dimana pada setiap akhir periode akuntansi, harga pokok tersebut dapat diubah sesuai dengan bagian laba atau rugi yang diperoleh perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh perusahaan tersebut.



About Me

Ica Reza Risyanti
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

BACKLINK GUNADARMA














Followers